Senin, 31 Desember 2012

Secuplik rasa syukur di 2012


Posting akhir tahun ini saya buka dengan salah satu scene dalam film dokumenter Being Liverpool. Iya, Liverpool yang itu. Disana ada perkataan singkat dari Brendan Rodgers, bos baru mereka.

“If you wanna be success, you have to be confident. And if you wanna be confident, you have to be happy.”

Sebaris kalimat Rodgers tadi, sayangnya banyak yang diputar-putar oleh banyak orang, sehingga artinya berbeda jauh. Lihatlah contoh ini:

“If you wanna be happy, you have to be confident. And if you wanna be confident, you have to be success.”

Pola sama, kata-kata sama, namun peletakannya dibalik-balik. Artinya sangat berbeda.

Saya mungkin bisa murtad menjadi fans Liverpool jika saat melihat tayangan dan perkataan-perkataan inspiratif itu dari sang bos yang musim lalu melatih Swansea City itu. Buat saya, itu adalah kalimat tahun ini. Kalimat paling inspiratif yang pernah saya dengar.

Saya mungkin sudah sering membaca buku-buku mengenai passion, juga acara-acara talkshow yang menghadirkan Mario Teguh, namun tidak ada satupun kata-kata yang seampuh ucapan Rodgers tadi. Ucapan itu benar-benar bermakna dalam, merangkum dan mencakup segala hal, dan tentunya memiliki punchline yang sangat ampuh.

Apa yang dikatakan Rodgers tadi adalah salah satu kunci dari hidup ini, yaitu kebahagiaan yang akan mendorong kita kepada kesuksesan, bukan sebaliknya. Jika kita berbahagia dalam mengerjakan sesuatu, sukses yang erat kaitannya dengan materi adalah bonus. Namun kepuasan batin sudah pasti didapat.

Orang yang gak suka pada pekerjaannya sih bisa saja dia sukses, dan meraih materi. Tapi apakah hatinya bahagia? Belum tentu. Lagipula, apakah orang itu sudah pasti sukses? Belum tentu juga kan. Udah sukses materi gak didapat, sukses batin juga gak dapat. What a waste!

Kalo kata Frank Sinatra:

“For what is a man, what has he got? If not himself then he has naught.”

Seorang laki-laki adalah yang hidup dengan prinsipnya. Jika tidak, maka ia tersia-sia.

***

Dan di tahun 2012, saya bisa dengan tegas katakan bahwa saya bahagia. Saya bisa mencapai banyak hal, baik hal-hal yang orang yakin saya mampu mencapainya maupun hal-hal yang orang tidak yakin saya mampu mencapainya. Banyak sekali milestone dan pencapaian tahun ini.

Jika melihat pada definisi, milestone memiliki makna yang baik, yaitu terkait dengan pencapaian. Seorang bayi tidak akan bisa langsung berjalan, melainkan harus belajar duduk, berdiri dan merangkak terlebih dahulu. Duduk, berdiri dan merangkaknya si bayi itulah milestone dalam hidupnya, dan berjalan adalah puncak pencapaiannya sebelum diperkenalkan lagi kepada hal-hal lain.

Milestone kecil saya ada beberapa tahun ini.

Nonton konser GNR, tur sepak bola, punya website sepak bola, jadi penulis tetap sebuah media sepak bola, ikut proyek pembuatan buku sepak bola, bertemu orang-orang yang memiliki passion sama, mengisi podcast sepak bola, manggung di acara akhir tahun yang penuh kenangan, juga memainkan lagu enter sandman setelah sekian tahun hanya memainkan lagu-lagu pop cheesy.

Buat orang lain, itu mungkin gak ada apa-apanya, tapi buat saya itu sangat luar biasa. Hadiah dari Tuhan. Tuhan yang terlalu baik kepada saya.

Selain penuh milestone, tahun 2012 ini menjadi tahun penuh sejarah yang tidak terlupakan. Jika kelak saya bercerita kepada turunan-turunan saya, mungkin tahun 2012 ini adalah salah satu fase terpanjang yang banyak sekali akan saya ceritakan.

Di tahun ini, saya diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk merawat seorang manusia. Itu sudah menjadi milestone dan achievement tersendiri.

Dan entah bagaimana, di tahun 2012 ini kaki saya serasa lebih ringan dalam melangkah, tangan lebih ringan dalam mengetik kata demi kata, mulut lebih lancar dalam berbicara, mata lebih terlatih untuk membaca dan telinga lebih terlatih untuk mendengar.

Diatas itu semua, otak lebih terlatih untuk mendengarkan hati. Berjalan menemukan passion, menemukan apa yang diinginkan.

***

Mungkin kunci itu adalah keikhlasan. Itulah kunci kedua dalam hidup, yang saya percayai.
2012 adalah contoh sempurna betapa hal-hal yang dilakukan dengan kesenangan dan keikhlasan akan lebih indah. Bentuk keikhlasan juga bermacam-macam, dan saya yakin anda pasti sudah berikhlas dalam banyak hal, dari ikhlas mengantre launching gadget terbaru hingga mengantre bayar belanjaan anda di sebuah midnight sale. Apapun bentuk keikhlasan itu, anda bahagia bukan?

Setiap pintu rumah punya kunci masing-masing, begitu pula mobil dan sepeda motor, mereka juga punya sebuah kunci yang dibuat khusus untuk mereka. Seperti halnya kunci kebahagiaan dalam hidup, menurut saya adalah melakukan sesuatu yang disukai dan juga ikhlas menerima apapun yang ada.

“Kalo cuma bisa punya Lotto ya gak usah terganggu liat orang pakai Nike atau Adidas.”

“Kalo cuma punya gaji sekian dan temen lo dua kali dari yang lo dapet, ya apa terus lo bakal mati?”

“Kalo lo ngerasa udah kerja mati-matian tapi temen lo yang kerjanya lebih ringan daripada elo tapi dia ikut dapet pujian dari bos, ya terus ini bakal bikin lo ngedown?”

Mungkin orang-orang itu bekerja dengan terpaksa, sehingga yang menjadi ukuran kebahagiaan buat dia adalah materi semata.

“Gue udah gak happy, masa materi juga gue gak dapet?” Apakah begitu?

Alhamdulillah saya udah dikasih petunjuk bahwa hidup tidak harus begitu. Gak perlu memperhatikan pencapaian orang lain, gak perlu ngeliatin merk sepatu orang lain. Yang penting adalah bagaimana lo hidup dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan, sehingga ukuran kebahagiaan bukan lagi materi.

***

Ya begitulah 2012. Sekarang bagaimana dengan 2013?

Well, apapun yang terjadi di 2013 nanti saya ikhlas. Yang jelas di 2012 ini saya udah dikasih kunci untuk menghadapi apapun. Saya tinggal melanjutkan apa yang sudah saya perjuangkan di 2012. 

2012 ini ibarat ketemunya passion, 2013 dan seterusnya tinggal lanjutin terus.

2013 saya bakal tetep nulis artikel sepak bola, tetep jadi orang kantoran yang baik-baik aja, tetep belajar sejarah dan lebih banyak baca, tetep nonton film-film action, tetep nonton konser-konser rock, tetep nonton bola, dan gak lupa jalanin semuanya dengan senang dan ikhlas.

Udahlah, gak perlu nyinyirin tahun baru. Gak perlu nyinyir karena ini budaya barat, budaya paganism atau apapun. Nyatanya, seluruh dunia memang menutup kegiatannya dan membuka lembaran baru di pergantian tahun masehi ini. Kalau anda memang berharap tahun baru versi anda sendiri, silahkan menangkan dulu pertempuran, sehingga anda bahkan bisa mengubah kalender dunia.

Alhamdulillah!