Kamis, 09 Agustus 2012

Lagu Kenangan

Suatu saat, seseorang bertanya.
"Bisakah kita memiliki alat untuk lupa akan suatu lagu, jadi saat kita mendengar lagu itu, akan terasa seperti pertama kali kita mendengarnya. Aku ingin kenagan baru dari lagu ini."


"Tidak bisa. Dalam setiap lagu, ada kenangan tersendiri, yang bisa bangkit setiap saat kau mendengar lagu itu kembali, meski sudah bertahun-tahun lamanya."

"Kau tidak mengerti. Lagu ini membunuhku. Ini lagu yang indah, namun karena kenanganku dengan lagu ini begitu buruk, aku ingin sekali melupakannya. Aku ingin mengganti mimpi buruk itu dengan kenangan baru yang lebih baik."

"Tidak, kau harus menerima kenangan itu baik dan buruknya. Itu adalah pemberian Tuhan pada hidupmu. PemberianNya melalui lagu itu untuk mendewasakanmu."

"Tapi yang kudapatkan hanyalah rasa sakit terus menerus. Aku ingin melupakannya."

"Kau diperangkap oleh bayangan masa lalu. Percayalah, itu tidak nyata. Dan kau tidak bisa mengganti seseorang dengan yang lain. Apa yang pernah singgah, tidak akan terganti. Kau hanya perlu berpindah tempat untuk memberi jiwa yang lain untuk singgah dan menata hidupmu kembali. Biarlah lagu-lagu itu tetap ada, kelak suatu saat kau akan bisa tersenyum saat mendengarnya. Biarkan waktu mengikis pelan-pelan rasa sakitmu."