Selasa, 28 Mei 2013

10 Lagu Paling Asik Saat Ini

Dinamis. Ya begitulah gue memandang hidup ini. Biarpun kata dinamis beda tipis dengan labil, tapi gue memandang hidup lebih baik dinamis ketimbang statis. Dinamis tapi tetep punya prinsip dasar, yang gue yakin pasti masing-masing orang punya. Tinggal bagaimana dia mau pegang erat itu prinsip dasar atau dia gadaikan demi harta, tahta atau wanita. *sedap* *ngelantur*

Begitupula di musik. Gue punya prinsip dasar dan persepsi bahwa musik terenak adalah rock. Ya, namanya juga persepsi dan sudut pandang. Musik rock sama-sama enak dimainin dan didengerin. Dan lagu-lagu favorit gue emang senantiasa berubah seiring banyaknya banyaknya lagu-lagu enak yang baru gue denger. Dan nampaknya, lagu-lagu baru itu sebagian besar adalah lagu-lagu lawas yang baru gue denger.

Gue jadi inget beberapa hari lalu temen gue minta share playlist baru gue, karena dia bosan sama playlist miliknya. Gue cuma bilang ke dia kalo playlist gue ya gini-gini aja gak berubah. Gak bakal ada lagu-lagu jaman sekarang. Oke, ini dia lagu-lagu yang lagi sering gue denger sekarang:

Hungry Heart – Bruce Springsteen
Lagu ini udah lama, rilis tahun 1980. Gue bahkan belum lahir. Ini salah satu lagu lawas yang baru gue denger. Ya, selama ini gue gak pernah tergabung dalam komunitas penggemar musik rock lawas, jadinya gue tau lagu-lagu enak jaman dulu hasil penelusuran sendiri. Kadang-kadang gue denger di KIS FM Rock Weekend, kadang-kadang gue denger di toko musik, kadang-kadang gue denger di film.

Nah, lagu catchy dan riang gabungan antara blues dan soft rock ini gue denger di sebuah film bertema zombie. Mungkin hubungannya dengan hungry, karena zombie memang selalu lapar ya. Lagu ini cukup tinggi kadar racunnya, paling banyak gue denger belakangan ini. Enak banget didenger dengan volume yang soft mengiringi aktivitas.

What Could’ve Been Love – Aerosmith
Lagu ini masuk kategori penghilang dahaga. Ya, ditengah-tengah lagu jaman sekarang yang ‘begitulah’ itu, ngedenger suara Steven Tyler yang begitu merdu mengalun bener-bener bikin semangat. Lagu ini sebenernya mirip sama lagu-lagu power ballad milik Aerosmith yang lain, tapi karena rilis tahun 2012, kedengeran lebih segar aja. Bener-bener kaya basahin tenggorokan dengan minuman dingin saat lagi haus-hausnya.

Just Like Tiger Woods – Steel Panther
Mungkin Steel Panther ini adalah satu dari sedikit band jaman sekarang yang masih mengusung genre Hair Metal yang tersohor itu. Entah kemana The Darkness sekarang, nampaknya mereka menghilang. Lagu Just Like Tiger Woods ini mengingatkan gue pada era keemasan genre ini. Segar, bertempo sedang tapi skillful.

Doom & Gloom – The Rolling Stones
Sebuah single crunchy dengan nuansa rock’n roll yang kental. Sebuah cerita mimpi aneh yang dirangkum menjadi sebuah lagu, dinyanyikan seperti meracau oleh Mick Jagger. Membawa kita pada kejayaan musik ini tahun 70an.

Hate Train – Metallica
Lagu Metallica yang Metallica banget. Mereka kembali membawakan nuansa album-album awal macam Kill ‘em All, Ride The Lightning dan Master of Puppets. Robert Trujillo yang enerjik memang membawa kesangaran segar pada musik-musik Metallica sekarang. Dengan chord E yang selalu menjadi ciri khas awalan lagu, juga permainan drum full speed dan full power dari Lars Ulrich, Metallica seakan masih ingin membungkam penggemar mereka yang menghujat album St. Anger.

Closer To The Heart – Rush
Sebuah lagu terpelajar dari Rush, band progressive-art rock yang hanya beranggotakan 3 orang. 3 orang legenda hidup tepatnya. Lagu Closer to the heart menampilkan kesempurnaan harmoni yang dihasilkan hanya dari 3 instrumen yaitu gitar, drum dan bass.

You’re Gonna Go Far, Kid – The Offspring
Seperti biasa, teriakan-teriakan dari sang vokalis bergelar PhD, Dexter Holland membahana dalam lagu-lagu mereka. Dengan ketukan drum konstan-cepat yang punk sekali dan permainan gitar khas Noodle, lagu ini sangat cocok didengar kala ingin mendapatkan mood booster.

Everything – Eric Martin
Gue telat mengetahui lagu ini, karena menurut gue lagu ini sangat cocok sebagai wedding song. Barisan kata-kata lebay, iringan string orchestra dan dominasi grand piano memang seperti sengaja dijadikan senjata utama lagu. Lagu ballad percintaan menye-menye tapi kece berdurasi 6 menit lebih ini memang kurang terkenal. Pernikahan lo akan hipster jika memasang lagu ini.

Turn it on again – Genesis
Mana yang lebih familiar buat anda? Phill Collins sebagai penyanyi solo atau sebagai vokalis sekaligus drummer Genesis? Coba deh sesekali tengok saat-saat Collins masih tenggelam dalam idealisme dan terbiasa menciptakan musik art-rock yang brilian dan tak terpikirkan, seperti di lagu ini.

Terbakar Cemburu – Padi
Bisa dibilang, ini adalah lagu Indonesia kekinian paling mengena buat saya. Sekaligus menandai vakumnya band Padi yang fenomenal ini, lagu ini adalah lagu yang sangat Padi karena melodi-melodi gitar dan lengkingan vokal seperti inilah yang membuat saya mengenal dan menggemari band ini. Belum lagi permainan syncope yang tidak dimaksudkan untuk sok jago, tapi memang keren dari Yoyok, salah satu drummer Indonesia favorit saya. Ayolah Padi, balik lagi dan bikin album fenomenal! Gilas habis mereka semua!